Pengertian dan Maksud Diabetes

Definisi Diabetes

Diabetes adalah sekelompok penyakit kompleks dengan berbagai penyebab. Orang dengan diabetes memiliki kadar gula darah tinggi, juga disebut gula darah tinggi atau hiperglikemia.

Diabetes adalah gangguan metabolisme, cara tubuh menggunakan makanan yang dicerna untuk energi. Saluran pencernaan memecah karbohidrat, gula dan pati yang ditemukan dalam banyak glukosa makanan, suatu bentuk gula yang memasuki aliran darah.

Dengan bantuan hormon insulin, sel-sel di seluruh tubuh menyerap glukosa dan menggunakannya untuk energi. Diabetes terjadi ketika tubuh tidak membuat cukup insulin atau tidak mampu menggunakan insulin secara efektif, atau keduanya.

Insulin dibuat di pankreas, organ yang terletak di belakang perut. Pankreas berisi kelompok sel. Sel-sel beta membuat insulin dan melepaskannya ke dalam darah.

Jika sel-sel beta tidak memproduksi insulin yang cukup, atau tubuh tidak merespon insulin yang hadir, glukosa menumpuk dalam darah bukannya diserap oleh sel-sel dalam tubuh, menyebabkan prediabetes atau diabetes.

 

Apa itu Pradiabetes?

Pradiabetes adalah suatu kondisi di mana kadar glukosa darah atau tingkat A1C, yang mencerminkan glukosa darah rata-rata tingkat, lebih tinggi dari normal tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes. Pada diabetes, sel-sel tubuh kekurangan energi meskipun kadar glukosa darah tinggi.

Seiring waktu, kerusakan glukosa darah tinggi saraf dan pembuluh darah, menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, kebutaan, penyakit gigi, dan amputasi.

Komplikasi lain dari diabetes dapat meliputi peningkatan kerentanan terhadap penyakit lainnya, kehilangan mobilitas dengan masalah penuaan, depresi, dan kehamilan.

Tidak ada yang pasti apa proses yang dimulai yang menyebabkan diabetes, namun para ilmuwan percaya gen dan faktor lingkungan berinteraksi untuk menyebabkan diabetes pada kebanyakan kasus.

 

Jenis-jenis Diabetes

Dua jenis utama diabetes adalah diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Jenis ketiga, diabetes gestasional, berkembang hanya selama kehamilan.

Jenis lain dari diabetes disebabkan oleh cacat pada gen-gen tertentu, penyakit pankreas, obat-obatan tertentu atau bahan kimia, infeksi, dan kondisi lainnya. Beberapa orang menunjukkan tanda-tanda diabetes tipe 1 dan tipe 2.