Diabetes dan Kehamilan (Part 2)

Jika kadar glukosa darah Anda terlalu tinggi, maka bayi Anda juga terlalu banyak glukosa.

Glukosa dalam darah wanita hamil melewati ke bayi. Jika kadar glukosa darah Anda terlalu tinggi selama kehamilan, begitu juga kadar glukosa bayi Anda sebelum kelahiran. Setelah melahirkan, mungkin, kadar glukosa bayi mungkin drop cepat dan berkurang terlalu rendah.

Memiliki diabetes juga dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mengembangkan kondisi berikut:

  1. Preeklamsia

Preeklamsia adalah suatu kondisi di mana Anda mengalami tekanan darah tinggi dan terlalu banyak protein dalam urin selama paruh kedua kehamilan. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah serius bagi Anda dan bayi Anda yang dapat mengancam kehidupan.

Satu-satunya obat untuk preeclampsia adalah untuk melahirkan. Jika Anda mengalami preeklamsia pada kehamilan Anda, Anda mungkin perlu menjalani operasi yang disebut operasi caesar, atau c-section-untuk melahirkan bayi Anda lebih awal.

Jika Anda mengalami preeklamsia sebelumnya, Anda mungkin perlu istirahat dan obat-obatan, atau Anda mungkin harus dirawat di rumah sakit.

  1. Depresi

Depresi dapat membuat Anda terlalu lelah untuk mengelola diabetes Anda dan merawat bayi Anda. Jika selama atau setelah kehamilan Anda, Anda merasa cemas, sedih, atau tidak mampu mengatasi perubahan yang Anda hadapi, berbicara dengan dokter Anda. Depresi adalah penyakit yang dapat diobati. Dokter Anda dapat menyarankan cara-cara agar Anda bisa mendapatkan bantuan dan dukungan.

Diabetes Anda, sebelum dan selama kehamilan Anda

Seperti yang Anda tahu, di diabetes, kadar glukosa darah di atas normal. Apakah Anda memiliki tipe 1 atau tipe 2 diabetes, Anda dapat mengatur kadar glukosa darah dan menurunkan risiko masalah kesehatan.

Otak, jantung, ginjal, dan paru-paru bayi terbentuk selama 8 minggu pertama kehamilan. Kadar glukosa darah yang tinggi sangat berbahaya selama tahap awal ini. Namun banyak wanita tidak menyadari bahwa mereka hamil sampai 5 atau 6 minggu setelah pembuahan.

Untuk melindungi kesehatan bayi Anda, bekerjasama dengan tim perawatan kesehatan Anda untuk mendapatkan glukosa darah Anda di bawah kontrol sebelum Anda hamil. Jika Anda sudah hamil, dokter Anda sesegera mungkin untuk membuat rencana untuk merawat diri sendiri dan bayi Anda.

Perencanaan ke Depan

Sebelum Anda hamil, berbicaralah dengan dokter Anda tentang memiliki bayi. Dokter Anda dapat membantu Anda memastikan kadar glukosa darah Anda berada pada target dan memberikan perawatan dan informasi yang Anda butuhkan untuk mempersiapkan kehamilan.

Jika Anda berpikir tentang rencana hamil, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut ini:

  • Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, diskusikan dengan tim perawatan kesehatan Anda.
  • Jika Anda kelebihan berat badan, bicara dengan dokter Anda tentang kehilangan berat badan ekstra sebelum Anda hamil.
  • Jika Anda tidak siap untuk kehamilan, bicara dengan dokter Anda tentang cara untuk menunda hamil sampai Anda siap.