Diabetes dan Kehamilan (Part 1)

Jika Anda memiliki diabetes, waktu terbaik untuk mengontrol glukosa darah Anda, yang juga disebut gula darah, adalah sebelum Anda hamil. Kadar glukosa darah yang tinggi dapat berbahaya bagi bayi Anda selama minggu-minggu pertama kehamilan, bahkan sebelum Anda tahu Anda sedang hamil. Target glukosa darah berbeda untuk wanita yang sedang berusaha untuk hamil.

Kehamilan merupakan kegembiraan besar dan perubahan bagi setiap wanita. Jika Anda memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2 dan berharap untuk hamil segera, Anda dapat mempelajari apa yang harus dilakukan untuk memiliki bayi yang sehat.

Anda juga dapat belajar bagaimana mengurus diri sendiri dan diabetes sebelum, selama, dan setelah kehamilan Anda. Jika Anda memiliki diabetes dan sudah hamil, jangan panik! Pastikan Anda melakukan apa saja untuk mengurus diri sendiri dan diabetes selama kehamilan Anda.

 

Wanita dengan Diabetes Gestasional

Jika Anda memiliki diabetes, kehamilan Anda dianggap berisiko tinggi, yang berarti Anda memiliki peningkatan risiko masalah selama kehamilan Anda.

Anda perlu memberi perhatian khusus untuk kesehatan Anda, dan Anda mungkin perlu untuk berkonsultasi dengan dokter yang mengkhususkan diri dalam merawat diabetes atau komplikasinya.

Jutaan kehamilan berisiko tinggi, seperti wanita lebih tua dari 35 atau mengandung dua atau lebih bayi, namun dapat menghasilkan bayi yang sehat tanpa mempengaruhi kesehatan ibu.

 

Merawat Bayi Anda dan Diri Anda Sendiri

Menjaga glukosa darah Anda senormal mungkin sebelum dan selama kehamilan Anda adalah hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat dan memiliki bayi yang sehat.

Tim perawatan kesehatan Anda dapat membantu Anda belajar bagaimana melakukan perencanaan makan, aktivitas fisik, dan obat-obatan untuk mencapai target glukosa darah Anda. Bersama-sama, Anda akan membuat rencana untuk mengurus diri sendiri dan diabetes Anda.

Kehamilan menyebabkan sejumlah perubahan dalam tubuh Anda, sehingga Anda mungkin perlu mengubah cara Anda mengelola diabetes Anda. Bahkan jika Anda sudah menderita diabetes selama bertahun-tahun, Anda mungkin perlu mengubah pola makan Anda, aktivitas fisik rutin, dan obat-obatan.

 

Bagaimana Diabetes Bisa Mempengaruhi Anda dan Bayi Anda

Kadar glukosa darah tinggi sebelum dan selama kehamilan dapat :

  • memperburuk masalah diabetes jangka panjang Anda, seperti masalah mata, penyakit jantung, dan penyakit ginjal
  • meningkatkan kemungkinan masalah untuk bayi Anda, seperti dilahirkan terlalu dini, berat terlalu banyak, memiliki masalah pernapasan atau glukosa darah rendah setelah lahir, atau masalah kesehatan lainnya
  • meningkatkan risiko bayi cacat lahir
  • meningkatkan risiko kehilangan bayi Anda melalui keguguran, yang berarti hilangnya bayi sebelum 20 minggu, atau lahir mati, yang berarti bayi meninggal dalam kandungan setelah 20 minggu

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa ketika wanita dengan diabetes menjaga kadar gula darah di bawah kontrol sebelum dan selama kehamilan, risiko cacat lahir adalah sama seperti pada bayi yang lahir dari ibu yang tidak memiliki diabetes.